Saat ini saya merupakan pengguna dual boot dengan sistem operasi Windows 10 dan Linux Mint Debian Edition (LMDE) 5. Permasalahan yang saya alami setelah instalasi Linux adalah permasalahan jam yang tidak sinkron di kedua sistem operasi tersebut. Perbedaan waktu yang terjadi antara Windows dan Linux dikarenakan sistem waktu yang digunakan di kedua sistem operasi tersebut berbeda. Dimana Windows menggunakan waktu yang terdapat pada BIOS, sedangkan Linux menggunakan sistem waktu area UTC/GMC.

Untuk mengatasi perbedaan waktu pada komputer yang menggunakan dual boot sistem operasi Windows dan Linux, kita bisa menggunakan salah satu cara berikut:

  1. Mengatur Windows Agar Menggunakan UTC
  2. Membuat Linux Agar Menggunakan Waktu Lokal

Mengatur Windows Agar Menggunakan UTC

Untuk membuat Windows agar menggunakan UTC dalam pengaturan waktunya cukup mudah, kita hanya perlu menjalankan perintah pada Command Promp.

  • Pertama buka Command Promp as Administrator (tekan tombol Start, lalu ketikkan CMD, kemudian klik kanan pada Command Promp dan pilih Open as Administrator).

  • Kemudian ketikkan perintah berikut untuk Windows 32 bit:

    Reg add HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation /v RealTimeIsUniversal /t REG_DWORD /d 1
    
  • Gunakan perintah ini untuk Windows 64 bit:

    Reg add HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation /v RealTimeIsUniversal /t REG_QWORD /d 1
    
  • Kemudian restart komputer kalian

Membuat Linux Agar Menggunakan Waktu Lokal

Untuk menggunakan waktu lokal pada sistem operasi Linux, kita perlu mengeksekusi sebuah command berikut pada terminal.

timedatectl set-local-rtc 1

Dari kedua solusi tersebut, saya sendiri lebih senang dengan cara yang kedua (membuat Linux menggunakan waktu lokal), karena biasanya hal ini saya lakukan setelah instalasi Linux.